Thursday, February 25, 2010

Qur'an Verses: Mengutip Ayat, Melantunkan, Search, dan Tafsir al-Qur'an


Jika anda facebooker yang islami (cie...) atau paling gak berkeyakinan islam, maka saya mensarankan untuk menaruh aplikasi ini kedalam facebook anda yaitu "Quran Verses"



Aplikasi "Qur'an Verses" adalah aplikasi al-Qur'an yang memiliki feature amazing:
  1. Kutipan gampang dipilih,, dilengkapi font/typeface yang standard. saya termasuk orang yang tidak suka jika al-qur'an hanya dikutip terjemahnya.
  2. Beberapa tafsir yang bisa disertakan [termasuk tafsir jalalayn]
  3. Terjemah dalam berbagai bahasa [termasuk english dan indonesia]
  4. Ada versi audio dengan beberapa qari' [pelantun bacaan] ternama
  5. Bisa diupdate untuk status profile facebook,, bahkan ada opsi cara penampilan ayat: setiap berapa jam,, random atau urut,, berapa ayat,, dst.
  6. Tentunya,, anda bisa sertakan comment yang berisi penafsiran sebagaimana layaknya anda ngasih comment setelah meng-update status facebook
  7. Dapat ditaruh di wall/box/tab untuk didengarkan lantunan ayatnya
  8. Pencarian "root" [wazan,, derivasi kata],, berdasarkan abjad hijaiyyah dari hamzah sampai ya' bisa dilakukan. Anda akan langsung dihubungkan dengan ip address 74.86.30.138 untuk menayangkan hasil pencarian. Cocok untuk menulis artikel atau posting. :)

Catatan:
Sekarang bayangkan skenarionya: setiap jam 8.30 am,, saat memakai facebook,, Anda bisa mendengarkan lantunan ayat suci al-Qur'an. Tinggal pilih surat dan ayatnya. Pada koneksi yang bagus (misalnya: wireless 54 Mbps,, jika Anda sudah memilih satu pembaca (qari'),, Anda bisa memilih qari' lain. Keduanya bersama-sama membacakan al-Qur'an layaknya suasana surau yang dipenuhi para qari' ternama. Atau memasangnya di status,, kemudian Anda berikan comment maupun penafsiran Anda sendiri tentang ayat itu. Facebook menjadi sarana berbagi pengalaman. Tidak khawatir lagi salah kutip ayat,, bisa belajar bersama.

Download:
http://www.facebook.com/apps/application.php?id=2661481200 <<>

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri Komentar, Saran, ataw Kritik.

Tulisan Terdahulu